Menggabungkan PCMAV dengan CLAMAV

Diposting oleh Sovan Ibnu Hamid

Setelah membaca permasalahan dari rekan-rekan yang kesulitan menggabung/mengkombinasikan PCMAV dengan Clamav, maka saya tertarik untuk berbagi pengalaman bagaimana cara menggabung kedua engine antivirus tersebut. Artikel ini saya buat se-simple mungkin untuk menghindari kebingungan dari rekan-rekan yang belum pernah melakukannya.

Sebelum memulai, pastikan file-file pendukung berikut ini anda miliki agar proses "MERGER" berhasil :)
1. File library MSVCRT80, Klik disini
2. File library ClamAV, Klik disini
3. File main.cvd, Klik disini
4. File daily.cvd, Klik disini

Okay, setelah semua file pendukung tersebut didownload kita akan menggabung kedua engine tersebut step by step :
1. Setelah diekstrak file PCMAV (dalam hal ini saya contohkan PCMAV versi 2.2a diekstrak ke folder C:\download\PCMAV2.2a) akan terdapat 2 (dua) folder yaitu \Lib dan \vdb


2. Melalui windows explorer,klik folder C:\download\PCMAV2.2a lalu klik kanan diarea kosong akan muncul menu pilih New - Folder. Lalu beri nama folder baru tersebut dengan nama plugins.


3. Setelah folder plugins kita buat, langkah selanjutnya adalah membuat folder clamav di dalam folder plugins. Double klik folder plugins, lalu klik kanan area kosong pilih New - Folder dan beri nama clamav.

4.  Sampai tahap ini tidak mengalami kesulitan kan? Saya yakin rekan-rekan tidak mengalami kesulitan. Selanjutnya adalah mengekstrak file library MSVCRT80 dan library ClamAV yang telah kita download sebelumnya (termasuk juga  database virus milik clamav yaitu main.cvd dan daily.cvd) ke dalam folder \plugins\clamav.  Sehingga di dalam folder \plugins\clamav akan terdapat file-file seperti gambar berikut ini :


Tahap penggabungan engine pcmav dengan clamAV sudah selesai. Untuk database clamav (main.cvd dan daily.cvd) sebenarnya pcmav akan melakukan pengecekan secara otomatis saat kita jalankan dan kita sedang terhubung dengan internet.
 Okay, mudahkan? Ayo buat rekan-rekan yang masih kesulitan jangan menyerah, pasti bisa. :)




------------------------

If You like this article, Please Comment ! And Share It ! :)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails