Remove Win 7 Internet Security 2012 - Fake Antivirus

Diposting oleh Sovan Ibnu Hamid

Kali ini saya ingin share tentang bagaimana cara membersihkan komputer yang terinfeksi Antivirus palsu (Fake Antivirus). Kebetulan beberapa hari yang lalu, komputer saudara saya terinfeksi oleh Win 7 Internet Security 2012.

Saat pertama kali dihidupkan, Antivirus palsu ini langsung menampilkan warning bahwa komputer tersebut terinfeksi oleh virus. Selain itu, Win 7 Internet Security 2012 juga memblokir semua aplikasi yang ada. Sehingga secara otomatis komputer tersebut tidak bisa dipakai lagi.

Setelah beberapa kali gagal mencoba membersihkannya, akhirnya saya menemukan tehnik yang mudah untuk membersihkannya. Langkah-langkah yang saya pakai :
1. Matikan terlebih dahulu proses dari Win 7 Internet Security 2012. Untuk menghentikan proses virus yang aktif di memory komputer saya menggunakan ProceXP ukurannya sekitar 3 Mb atau bisa juga Anda menggunakan RKill atau aplikasi sejenis sesuai pilihan Anda.

2. Setelah ProceXP dijalankan akan terlihat proses/aplikasi apa saja yang sedang aktif. Kalau Anda bingung proses mana yang harus dihentikan, lihat pada bagian Company Name. Cari aplikasi yang "Company Name"-nya kosong dan pemakaian resource komputernya mencurigakan. Lalu tekan tombol "Del".
(Untuk kasus yang saya tangani, proses/aplikasi yang saya hentikan adalah ltr.exe).

3. Setelah proses virus tersebut dihentikan, jalankan Dr. WebCureIt.exe ukuran filenya 64,82 Mb.

4. Setelah itu, scan lagi komputer dengan Norman Malware Clener. Ukurannya lumayan besar sekitar 119 Mb.

5. Restart dan yang paling penting lakukan update secara rutin antivirus yang Anda pakai dan lebih berhati-hati saat browsing.

Untuk pemakaian antivirus yang Free alias gratis saya sarankan pakai AVAST. Atau untuk amannya pilih antivirus Free Edition dari vendor-vendor yang sudah terkenal seperti AVG, Avira dll.

Silahkan Anda share pengalaman Anda di bagian comment. Thanks. :)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails