Tips aman berkomputer dari serangan virus

Diposting oleh Sovan Ibnu Hamid

Seperti postingan saya sebelumnya masalah virus cleaner, kali saya ingin berbagi tips agar komputer kita tidak mudah terserang virus. Pemahaman spt saya, yang awam masalah komputer dulu berpikir bahwa dengan memasang antivirus komputer kita aman dari serangan virus. Iya kan? :)
Pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, paling tidak dengan memasang "SATPAM" komputer kita akan ada yang memantau aktivitas program komputer. Tetapi pemikiran tersebut harus lebih dikembangkan lagi, "Sebagus-bagusnya antivirus/yang paling terkenal sekalipun + Update" terbaru bukan jaminan bahwa komputer kita telah aman dari virus/spyware/malware dll. Karena biasanya si pembuat virus akan terus mengembangkan kemampuan virus buatannya ketika Si Antivirus mengenalinya.
Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan,untuk menjaga komputer kita dari serangan virus :
*) Update yang rutin database virus (virus definition). Saat ini hampir semua pembuat antivirus me-release paket virus definition terbaru setiap minggu, diluar update harian yang bisa dilakukan secara otomatis saat kita terkoneksi dengan internet.
*) Matikan proses AUTORUN. Cara termudah untuk melakukan ini bisa baca artikel saya sebelumnya tentang Panda USB Vaccine
*) Perhatikan ekstensi file saat kita akan menjalankan file tersebut. Karena virus sekarang banyak yang menyamarkan dirinya dengan menggunakan icon aplikasi yang umum seperti *.doc , *.xls, *.jpg. Saat kita jalankan data tersebut ternyata file virus yang dieksekusi.
*) Jangan begitu saja mencolokkan flashdisk ke komputer,apalagi riwayat pemakaian flashdisk tersebut kita tidak tahu. Karena selain lewat internet, penyebaran virus via flashdisk cukup dominan.

Demikian sedikit tips dari saya, smoga bermanfaat ... :)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails